Sekapur Sirih

Menghidupkan Semangat Berkurban

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Sudah menjadi sunnatullah bahwa setiap keinginan dan cita-cita luhur untuk mencapai kemuliaan dan meningkatkan kesejahteraan harus melalui perjuangan. Dan setiap perjuangan menuntut pengorbanan yang tidak sedikit, baik harta, waktu bahkan fisik mengatasi berbagai kendala yang menghadang.

Dinamika Ummat edisi kali ini akan tiba diharibaan saudara mencakup masa penghujung Nopember menyambut Desember 2007. Dua bulan yang sarat dengan pesan pengorbanan. Sepuluh Nopember hari Pahlawan yang meninggalkan jejak heroik, semangat ”Merdeka atau Mati” yang telah dibuktikan oleh arek-arek Surabaya dibawah komando Allahu Akbar. Sedangkan 20 Desember, ummat Islam akan menyambut Idul Adha (Hari Raya Kurban) meneladani kepeloporan dan pengorbanan keluarga Ibrahim AS. dengan putera tercinta Ismail AS. serta ibundanya Hajar.

Bercermin pada pengorbanan para Salaf al-Shalih, tabiin dan tabi’ tabiin yang telah menorehkan semangat pengorbanan yang tinggi dibidang penyebar luasan ilmu, pengumpulan dan penyeleksian Al-Hadist serta dibidang dakwah Islam pada umumnya.

Perlu dikenal dengan baik perjalanan dakwah Islam yang menjadi bagian penting pembentukan semangat kesadaran berbangsa.

Kedatangan para santri dari berbagai pelosok Nusantara belajar Islam di pondok pesantren di tanah Jawa, bertebaran para dai dan mubalig menyeberang lautan, merambah hutan.
Semangat yang diwariskan almarhum Buya Hamka sebagai mubalig muda, berdakwah di Sulawesi, Zainal Fanani dan AR Fakhruddin dipedalaman Sumatra bagian Selatan laksana mata rantai penyambung amaliyah Walisongo yang menancapkan kalimah thoyyibah ditanah Jawa. Dilanjutkan mubalig Hijrah dan dai transmigran dipelosok tanah air.

Ada kegamangan mencuatkan pertanyaan, masihkah tersisa semangat kepeloporan dan pengorbanan pada generasi kita ditengah hiruk-pikuk materialistis yang menyebar, semangat hedonistik dan trend konsumerisme yang dikobarkan-kobarkan industri media penyiaran baik cetak maupun elektronik.

Sejauh mana upaya umat Islam, mempersiapkan program dan mewujudkan estafet dakwah dengan semangat kepeloporan dan pengorbanan.

Wassalamu ‘alaikum wr. wb.

H. A. Hasan Ali.
Ketua Umum MUI Prov Bali